Wisuda Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) telah sukses dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2022 di Auditorium Kantor BMKG Pusat. Pada wisuda kali ini, taruna Program Studi Geofisika atas nama taruna Tatag Maduzena berhasil mendapatkan penghargaan “Bhumi Cendekia Utama” sebagai wisudawan terbaik dari Prodi Geofisika.

Berikut informasi tentang wisudawan terbaik Prodi Geofisika 2022:

Nama Lengkap: Tatag Maduzena Pambayun

Asal Daerah: Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah

Dosen Pembimbing Skripsi: Dr. Iman Suardi, M.Sc; Yan Anugrah Rahmawan, S.T., M.Sc

Judul Skripsi: Analisis Penentuan Coseismic Offset dengan Menggunakan Data Global Navigation Satellite Systems (GNSS) (Studi Kasus: Gempa Bumi Flores 14 Desember 2021)

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK): 3,63

Tim Prodi Geofisika melakukan wawancara dengan wisudawan terbaik Tatag dan mendapatkan informasi untuk menjadi inspirasi bagi kita semua.

Bagaimana latar belakang ceritanya bisa diterima dan masuk menjadi taruna STMKG?

Background saya adalah lulusan gapyear yang dulunya belum diterima di universitas manapun di Indonesia. Sebelumnya, tahun pertama yaitu tahun 2017, saya mendaftar di Akademi Angkatan Laut (AAL) dikarenakan termotivasi ingin seperti Pakdhe saya yang juga berdinas di TNI Angkatan Laut. Setelah saya mendaftar di AAL, saya dinyatakan gagal. Kemudian, saya juga mendaftar SNMPTN serta SBMPTN, ditambah lagi UTUL UGM. Tetapi semua seleksi tersebut di tahun 2017 belum berhasil. Di tahun 2018, saya ditawari lagi untuk mendaftar di AAL, tetapi saya menetapkan untuk sekolah di ikatan dinas yaitu STMKG, dan ikatan dinas di PLN Politeknik Negeri Malang dikarenakan jadwal seleksi yang tidak bertabrakan. Alhamdulillah, awalnya di pengumuman sekolah ikatan dinas PLN di Politeknik Negeri Malang, saya diterima dan sudah menjalani perkuliahan di program studi Teknik Listrik. Alhamdulillahnya lagi, saya kemudian diterima juga di STMKG. Di saat itu, saya bingung menentukan pilihan yang mana, keduanya ikatan dinas juga, tetapi orang tua meyakinkan saya untuk memilih di STMKG dikarenakan uang kuliah tiap semesternya gratis dan lebih terjangkau dibandingkan di sekolah ikatan dinas PLN Politeknik Negeri Malang.

Apa cita-cita anda?

Cita-cita saya yaitu menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bermanfaat bagi agama, nusa, bangsa dan keluarga terutama. Kemudian, saya ingin bisa membantu adek-adek saya bersekolah hingga tamat sarjana.

Bagaimana perasaan-nya telah diwisuda dari STMKG?
Mohon izin, perasaan saya sangat senang terlebih orang tua bisa datang ke Jakarta. Rasa bahagia ini karena dari awal saya mendaftar di STMKG tidak pernah sekalipun dijenguk ataupun diantar oleh orang tua saya, tetapi di hari wisuda ini orang tua saya bisa hadir. Dan merupakan suatu kehormatan bagi saya bisa bertemu orang-orang hebat di BMKG, dan guru maupun dosen dosen saya yang ada di STMKG.

Bagaimana cara anda bisa menjadi wisudawan terbaik?
Mohon izin, untuk tips dari saya adalah rajin review materi ketika sebelum perkuliahan, mencatat semua perkataan dosen, dan taat dengan apa yang diperintahkan oleh dosen. Kemudian, berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa dan selalu meminta restu orang tua dengan cara selalu memberikan kabar yang baik serta meminta ridho dalam menjalani hari setiap harinya.

Apa saja yang telah dikerjakan di Prodi Geofisika?
Alhamdulillah, selama di Prodi Geofisika, sejak masih di tingkat 1, saya sudah berperan serta dalam berbagai kegiatan Ikatan Taruna Geofisika (ITG), serta membantu beberapa dosen dalam berbagai kegiatan. Terlebih suatu kebanggaan bagi saya untuk bisa dipercaya menjadi Ketua Bidang Ikatan Taruna Geofisika dan jadi yang pertama membuat acara integrasi dengan universitas lain dalam wadah Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia (HMGI) melalui kegiatan Long Course yang diisi oleh Bapak Dr. Wiwit Suryanto (UGM) dan Bapak Dimas Salomo J. Sianipar (STMKG). Kegiatan tersebut merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk mengawali kegiatan integrasi dengan universitas lain melalui HMGI.

Apa saran/motivasi buat adik-adik angkatan di Prodi Geofisika?
Untuk adik-adik saya, tetap semangat dalam menjalani perkuliahan dan fokuslah dalam memahami suatu hal/topik. Buatlah target untuk memahami suatu ilmu atau bidang, jangan berfokus pada nilai maupun IPK. Hal itu adalah bonus dari kerja keras dalam fokus memahami suatu ilmu.

Apa masukan untuk Prodi Geofisika STMKG?
Mohon izin, untuk Prodi Geofisika, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Prodi yang telah banyak memberikan pelajaran, arahan, serta bimbingan sehingga bisa mencapai titik ini. Semoga Prodi dengan organisasi ITG yang merupakan “anak” dari Prodi Geofisika bisa saling bekerja sama lebih erat dan kokoh lagi untuk manfaat yang lebih besar lagi kedepannya.

Apa harapan ke depannya untuk karir di BMKG?
Mohon izin, harapan saya ke depannya yaitu untuk bisa bermanfaat bagi BMKG, dan dapat mengimplementasikan apa yang telah saya pelajari di STMKG selama 4 (empat) tahun. Menjadi ASN yang berintegritas, ulet, disipilin, serta dapat menjadi contoh/panutan bagi insan BMKG lainnya.

Apa ada hal lain yang ingin disampaikan?

Mohon izin, saya mengucapkan terima kasih kepada dosen-dosen terutama dosen Prodi Geofisika yang telah memberikan ilmu, pelajaran, bimbingan, serta arahan sehingga kami (lulusan 2022) bisa mencapai titik ini. Semoga Bapak/Ibu dosen, terutama Prodi Geofisika senantiasa diberikan kesehatan, serta kelancaran dalam berbagai kegiatan.

Demikianlah hasil wawancara dengan wisudawan terbaik tahun 2022 dari Prodi Geofisika STMKG. Semoga dapat menginspirasi kita semua. *** (DS)

Leave a Comment